Inilah Asal usul "Eta Terangkanlah" Yang Viral Di Jagat Maya


Setelah fenomena Om telolet Om dan lagu Despacito melanda Jagat maya, kali ini Warganet kembali di hebohkan oleh Fenomena lagu "Eta Terangkanlah" yang bertebaran di berbagai akun youtube dan Meme nya bertebaran di berbagai sosial media. Namun tahukah Anda, apa itu Eta Terangkanlah dan dari mana bermula nya Eta Terangkanlah itu?

Eta Terangkanlah merupakan Parodi dari lirik sebuah lagu berjudul Khusnul Khotimah milik seorang musisi religi Opick yang musiknya sering dilantunkan dalam acara besar keagamaan. Salah satu bunyi liriknya adalah sebagai berikut;

'Terangkanlah..terangkanlah.. jiwa yang berkabut langkah
Penuh Dosa
Bila masa tlah tiada
Kereta Kencana datang tiba-tiba...'

Nah Parodi lagu itu sendiri belum di ketahui bermula dari siapa hingga muncul parodi dengan latar video seseorang yang sedang berjoget. Berawal dari itu, munculah berbagai video dengan ragam gerak jogedan berjudul "Eta Terangkanlah".

Arti kata Eta Terangkanlah 

Sementara itu, Eta Terangkanlah identik dengan kalimat dalam bahasa Sunda ( Jawa Barat ) dari kata Eta yang berarti Itu, dan Terang yang bisa berarti Jelas atau Tahu / Mengerti dan bisa juga di artikan Terang atau tidak gelap.

Jadi, Jika di simpulkan kalimat Eta Terangkanlah bisa berarti Itu Jelaskanlah, Itu Beritahulah, atau Itu Terangkan lah dari suasana gelap.

Tapi entahlah, apa maksud dari pembuat parodi lirik lagu tersebut, atau makna sebenarnya yang di kehendaki dari kalimat Eta Terangkanlah itu.

Opick sendiri, sebagai pemilik lagu asli tak mempersoalkan munculnya parodi dari lirik lagunya selama lirik lagunya masih berada pada koridor etika agama.

"Ini bagian dari ekspresi masyarakat kepada sebuah karya, ya lucu, kenapa jadi begini hehe" kata opick seperti di rilis Intens

Video Eta Terangkanlah Pertama kali 

Video Eta terangkanlah yang di unggah akun TheBokersGaming sejak 11 Juni 2017 lalu telah di lihat oleh 2.300.000 kali. Kemungkinan inilah Video pertama kali yang tayang di Youtube yang mengilhami munculnya berbagai versi Video Eta Terangkanlah.


Ada juga Sebuah Video versi Beatbox yang di upload 4 Agustus 2017 oleh akun Elnino TV yang juga telah di lihat lebih dari 2 juta kali. Tetapi Video ini sehari sebelumnya telah di unggah oleh akun DENI PL pada 3 Agustus 2017


Buat anda yang penasaran seperti apakah fenomena yang menjadi Viral di jagat maya tersebut, kali ini saya sudah kumpulkan bebagai aksi joged "Eta Terangkanlah" yang bisa memberi kita hiburan pengobat penat.

Entah siapa yang memulai, tetapi itulah Indonesia, Negeri dengan berjuta Fenomena bahkan dari hal yang sangat sederhana. Inilah negeri dimana 3 kata saja cukup membuat sesuatu menjadi luar biasa..

Mengapa bisa begitu?
"Eta terangkanlah " hehe